Mesin Pesawat Kecil

Mesin pesawat kecil, dimana mendapatkan mesin yang layak ?.

Vitalia Selivanov, Pilot Uji Kehormatan Federasi Rusia ⇒ Lokomotif uap tidak bisa lebih indah dari ketelnya” – begitulah kata para insinyur lokomotif pada awal abad ini. Pada awal penerbangan, karena kurangnya mesin ringan, pesawat layang mulai terbang dari pegunungan, menggunakan aliran di sekitar mereka. Hanya penciptaan mesin pembakaran internal bertenaga bensin yang ringan akhirnya memunculkan kendaraan yang lebih berat dari udara.

Mesin bensin (dengan cadangan bahan bakar) sepuluh kali lebih ringan daripada mesin listrik dengan baterai atau mesin uap dengan air dan bahan bakar dengan daya yang sama. Omong-omong, Wright bersaudara, Prancis, Jerman, dan setelah mereka di Rusia, hanya pada musim panas 1910, seratus tahun yang lalu, tiga perangkat lepas landas: A.S. Kudasheva, Ya.M. Gakkel dan I.I. Sikorsky. Benar, semua kendaraan telah mengimpor mesin bensin Anzani 25 dan 35 hp.

Mesin Pesawat Kecil
Foto oleh Radek Černý dari Pexels

Akan menjadi dosa untuk tidak mengingat nenek moyang kita yang hebat, tetapi, sayangnya, kita masih memiliki masalah yang hampir sama dengan mesin untuk pesawat kecil. Sebagai warisan dari Uni Soviet, kami hanya mendapatkan satu mesin piston seri M-14. Mesinnya sederhana, andal, bersahaja untuk bahan bakar dan oli. Tidak takut beku. Relatif murah jika Anda tidak sering menerbangkannya. Untuk ini, mereka menyukai mesin M-14.

Mesin Pesawat Kecil

Apa yang mereka terbangkan sekarang, dalam “penerbangan kecil”, mis. pesawat ultralight dan ringan? Mesin yang paling umum, terkenal dan hampir di mana-mana di dunia dari perusahaan Austria Rotax 912 dan 914 diservis., mereka dipasang pada kendaraan dengan berat lepas landas hingga setengah ton, dengan awak hingga dua orang. Ini adalah pendidikan dan wisata, perangkat amatir.

Segera setelah Anda perlu melakukan aerobatik kompleks bersama (dengan instruktur), Anda akan membutuhkan pesawat yang lebih tahan lama dan lebih berat dengan bobot lepas landas 800-1000 kg (misalnya, Po-2, Yak-18, Yak-52). Pada saat yang sama, dengan mesin 100–160 hp. setengah dari waktu penerbangan harus dihabiskan untuk mendaki ketinggian yang hilang selama aerobatik dengan kecepatan vertikal 2-3 m / s. Dan jika Anda ingin mendapatkan ketinggian lebih cepat, maka mesin M14 akan bekerja dengan baik.

Di atasnya Anda bisa mendapatkan hingga 10 m / s dalam satu set, dan hilangnya ketinggian untuk aerobatik akan jauh lebih sedikit. Pesaing M14 adalah American Lycoming dan Teledyne Continental, Czech Walter, German Centurion. Lycoming dan Teledyne Continental berubah-ubah saat diluncurkan di darat bahkan di musim panas, terkadang panas dan terkadang dingin, di musim dingin tidak bisa diluncurkan sama sekali di udara. Mereka hanya menggunakan bensin dan pelumas impor “milik sendiri”, mahal, tetapi semua kekurangannya sebanding dengan dua kelebihannya:

  1. Bekerjalah dengan “maksimal” tanpa batas waktu.
  2. Konsumsi bahan bakar 2 kali lebih sedikit dari M14 kami.

Jika kami merangkum indikator teknis dan ekonomi utama mesin dalam satu tabel dengan tugas memperoleh biaya pengoperasian mesin dengan waktu penerbangan pesawat hingga penggunaan penuh sumber daya – 10 ribu jam terbang – kami akan mendapatkan tabel.

Ini menunjukkan bahwa untuk 10.000 jam terbang di M-14 kami, Anda harus membayar 30% lebih banyak daripada di teater Alison dan hampir tiga kali lebih banyak daripada di diesel Centurion. Tetapi mesin M601, meskipun harganya hampir tiga kali lebih mahal daripada M-14, tetapi setiap tenaga kudanya membebani operator tiga kali lebih murah daripada M-14.

Oleh karena itu, jika kita ingin mendapatkan pesawat untuk pelatihan dasar di sekolah penerbangan militer, di mana kita dipaksa bekerja secara intensif dan memberikan waktu terbang yang sangat besar, maka tentu saja kita perlu memiliki pesawat dengan teater operasi, dan sejauh ini tidak ada mesin serial yang lebih baik dari M601!

Mesin Pesawat kecil diperlukan, tentu saja, aerobatik, dengan kelebihan operasional hingga 7, ketinggian yang cukup tinggi (7-10 km), oleh karena itu, dengan kabin bertekanan. Mesin yang paling cocok tersedia dan diservis di Rusia untuk mesin pesawat kecil yang direncanakan adalah Ceko Walter M601.

Rekan-rekannya Pratt & Whittney lebih baru, lebih ekonomis, tetapi tidak ada sistem untuk pemeliharaan dan pengalaman operasi mereka di Rusia. Terlalu dini untuk memasang mesin diesel untuk pesawat aerobatik dengan waktu penerbangan 0,5-1,5 jam (di Internet, kru tangki memiliki analisis komparatif yang sangat baik tentang kelebihan dan kekurangan turbin gas dan mesin diesel).

Sejauh ini, ternyata pelatihan penerbangan termurah adalah pada glider ketika diluncurkan dari winch. Untuk 3 euro (120) rubel, Anda akan dilemparkan ke glider hingga ketinggian 500 m, dari mana Anda akan turun dengan tenang selama sekitar 8-10 menit atau Anda dapat terbang bebas. Glider diikuti oleh ultralight dengan berat lepas landas hingga 500 kg dan mesin Rotax 912 dan 914 dengan kekuatan 80–100 hp.

Mereka dapat dilatih untuk terbang dalam lingkaran, aerobatik sederhana, terbang di sepanjang rute. Ini akan memberikan waktu penerbangan 30-40 jam dan mencapai tingkat pilot amatir. Sekolah penerbangan swasta atau DOSAAF dapat memberikan pelatihan semacam itu. Referensi: mesin pesawat kecil ultralight sudah dirancang, yang akan menggunakan motor listrik dengan baterai hingga 30 menit penerbangan. Dan murah, dan ramah lingkungan, tenang dan aman.

Tahap selanjutnya: mesin pesawat kecil pelatihan piston aerobatic. Salah satu opsi yang disukai adalah pesawat Yakovlevsky Cadet. Di atasnya Anda dapat mengajar kompleks dan aerobatik, terbang dalam formasi dan di malam hari. Tetapi akan sangat sulit untuk membuat militer beralih kembali ke mesin pesawat kecil piston, penerbangan secara fisik sulit, dan gaji serta tunjangan akan dikecilkan. Oleh karena itu, mesin seperti itu mungkin berguna untuk DOSAAF dan sekolah penerbangan swasta. Mesin masih harus diganti – terlalu mahal untuk dioperasikan – 30% lebih mahal daripada dua kali TVD M601 yang lebih bertenaga.

Jika kita mengambil biaya penerbangan di pesawat TCB dengan teater operasi dengan kecepatan maksimum sekitar 500 km/jam sebagai satuan biaya jam terbang, maka, tergantung pada kecepatan maksimum mesin pesawat kecil, kita dapat memperoleh rasio harga jam terbang di berbagai pesawat.

Grafik dengan jelas menunjukkan bahwa hingga kecepatan maksimum 500 km/jam, harga sebuah mesin pesawat kecil terbang meningkat secara linier dengan mulus, dari kecepatan 500 hingga 800 km/jam ia tumbuh di sepanjang parabola dan kemudian naik hampir secara linier. Oleh karena itu kesimpulannya: tidak masuk akal untuk meningkatkan kecepatan maksimum TCB dengan TVD lebih dari 500–600 km/jam, karena sedikit peningkatan kecepatan terlalu mahal baik dalam harga mesin pesawat kecil maupun dalam pengoperasiannya. Rupanya, karena alasan ini, pelanggan mesin pesawat kecil Pilatus RS-7MK dari Afrika Selatan mengurangi tenaga mesin.

Jika TCB dengan teater akan memiliki kecepatan pendekatan kurang dari 150 km/jam, maka kebutuhan akan pesawat piston untuk pelatihan awal untuk sekolah militer dapat hilang, dan masalah ini dapat diselesaikan pada TCB dengan teater dengan kecepatan lebih rendah. biaya.

Untuk pelatihan dasar di sekolah penerbangan, tentu saja, serta di seluruh dunia, TCB dengan teater operasi (“Aviapanorama” No. 1 dan 2, 2010) sangat dibutuhkan.

Kami melihat bagaimana industri penerbangan China, India, Brazil dan negara berkembang lainnya didukung dengan bantuan negara. Bahkan Turki berencana untuk merilis TCB dengan TVD pada tahun 2011. Bisnis besar kami – kebanyakan buta huruf secara teknis – terutama membeli real estat dan barang-barang mewah. Omong-omong, bahkan sebelum revolusi, pemodal kita tidak benar-benar menyumbang untuk kemajuan teknis. Lagi pula, bukan di sini, tetapi di barat, hadiah besar ditetapkan untuk penerbangan melintasi Selat dan untuk penerbangan rekor lainnya.

Dengan penghapusan sistem wilayah udara restriktif yang dijanjikan pada tahun 2008 sekarang pada akhir 2010, pasar Rusia yang besar untuk jet pribadi kecil kemungkinan akan terbuka. Negara dapat menggunakan situasi ini untuk mengembangkan produksi mesin pesawat kecil ringannya sendiri. Hal ini dimungkinkan, seperti Cina dan India, untuk membeli batch pesawat asing terbaik, dengan hak untuk produksi berikutnya.

Tetapi yang jauh lebih penting bagi kami, industri penerbangan dan penggemar penerbangan, adalah pembelian dan produksi berlisensi dari mesin Rotax, Teledyne Continental, Pratt & Whittney terbaik, paling umum, dan andal dengan skala daya yang belum diproduksi di Rusia hingga saat ini. Dengan berbagai pilihan mesin, industri penerbangan kami akan mampu menyediakan pesawat yang dibutuhkan pasar Rusia. Contoh sejarah hanya mengkonfirmasi hal ini. Begitu pula dengan Li-2, begitu pula dengan pembelian mesin jet Nin-1 dan Derwent-V Inggris, sebagai hasilnya mereka menerima pesawat tempur MiG-15 paling masif di dunia dan Il- 28 pembom garis depan.

Apa yang ingin Anda beri perhatian khusus? Kebiasaan kemiskinan nasional kita telah memunculkan tren massal: kita akan melakukan apa yang kita bisa, dan kemudian kita akan menyelesaikannya secara berurutan.

Anda perlu mengingat apa yang diajarkan kepada mahasiswa universitas penerbangan: menyelesaikan sketsa akan menelan biaya penghapus dan pensil (sen), tata letak – harga kayu yang dihabiskan (ribuan rubel), pesawat prototipe, dan menyelesaikan mesin pesawat kecil produksi akan membutuhkan banyak uang, yang dapat menyebabkan crash seluruh program sama sekali. Untuk menghilangkan kesalahan seperti itu, Anda perlu mencintai pelanggan dan melakukan semuanya tepat waktu sehingga produk kami lebih baik daripada produk pesaing.

Diperbarui Rabu, 11 Mei 2022 oleh Widya Kathy Nuraini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *