Industri Pesawat Terbang Rusia

Industri pesawat terbang Rusia, bagaimana Ilmuwan Inggris mengejar dan mengambil alih ?. Kekhawatiran Inggris Rolls-Royce telah mengumumkan langkah yang menentukan dalam penciptaan mesin pesawat paling kuat dan ekonomis di dunia. Seberapa baik itu akan ditunjukkan oleh tes bangku dan terbang. Para ahli telah mengatakan bahwa hal itu akan menentukan arah pembangunan mesin selama beberapa dekade mendatang. Rusia sempat mengikuti jalur yang dipilih para desainer Inggris. Dan jauh sebelum ilmuwan Inggris muncul dengan ide-ide terobosan ini.

Industri Pesawat Terbang Rusia
https://cdn.pixabay.com/photo/2019/09/05/15/25/airbus-4454338_960_720.jpg

Dalam topik membangun helikopter berkecepatan tinggi, ceritanya sama – apa yang sudah dialami orang Eropa dan Amerika hari ini, perusahaan Kamov mulai bekerja dengan hati-hati atas inisiatifnya sendiri pada akhir 1990-an.

Industri Pesawat Terbang Rusia

Dan pada awal tahun 2000-an, pekerjaan telah dimulai pada proyek helikopter berkecepatan tinggi Ka-92 yang ditugaskan oleh pemerintah Rusia.

Permainan Mengejar Ketinggalan

Sampai saat ini, mesin pesawat paling bertenaga dianggap GE9X dengan daya dorong tercatat maksimum 61 ton. Tapi ini adalah angka rekor, ditetapkan selama proses sertifikasi di stand, dalam mode selangit, yang tidak akan digunakan dalam operasi nyata. Mereka “mengejar” mesin terbesar di dunia di hadapan perwakilan Guinness Book of Records, dan dia mencatat hasilnya. Ini hanya digunakan pada modifikasi terbaru dari penumpang berbadan lebar Boeing 777. Dan itu saja untuk saat ini. Mesin adalah yang terbaik: kebisingan rendah, emisi nitrogen oksida minimal, relatif ringan karena pencetakan 3D dan bilah kipas yang terbuat dari bahan komposit.

Omong-omong, bilah kipas pendahulunya, mesin GE90 115B, dipajang di Museum of Modern Art. Pada prinsipnya, kekuatan hanya dua mesin seperti itu akan cukup untuk penerbangan industri pesawat angkut militer super berat kami An-124-100 Ruslan. Empat mesin Ruslan reguler menghasilkan daya dorong lebih dari dua kali lipat dibandingkan dengan mesin Amerika – masing-masing 23,5 ton. Tetapi mesin raksasa itu merangkum dimensi, sebagai perbandingan: diameternya sama dengan diameter badan pesawat Boeing 737. Pada 17 Desember 2005, kerusakan pada pendahulunya, tidak kurang dari keseluruhan mesin GE90-94B pada industri pesawat Air France yang terbang dari Seoul ke Paris, menyebabkan pendaratan darurat di Irkutsk. Mesin pengganti dikirim oleh pesawat An-124, tidak muat di tempat lain.

Tetapi ada produsen mesin pesawat super kuat lain di dunia, United Engine Corporation kami belum menjadi pesaing mereka – Rolls-Royce. Dan Inggris memutuskan untuk merebut telapak tangan dari rekan Amerika mereka, mulai merakit mesin UltraFan pertama (superfan?), mesin pesawat terbesar di dunia dengan diameter kipas depan meter (GE9X “hanya” 3,4 m)! Pengerjaannya direncanakan selesai akhir tahun ini, kesiapan produk untuk uji coba diharapkan awal tahun depan. Sebuah rig uji £ 90m telah dibangun.

Ini kemungkinan besar akan menjadi mesin demonstrator, platform untuk keluarga baru mesin pesawat yang harus memberikan peningkatan 25% dalam efisiensi bahan bakar dibandingkan generasi sebelumnya dari mesin turbojet dalam keluarga Trent dengan diameter kipas 2,95 m dan daya dorong dari 24 menjadi hampir 44 ton. Daya dorong UltraFan yang dinyatakan sangat menakjubkan – mulai dari 60 ton! Sulit membayangkan industri pesawat bermesin empat dengan pembangkit listrik sebesar itu, pasti sesuatu yang sangat monumental. Industri pesawat penumpang dek ganda terbesar di dunia, Airbus A380, yang mampu menampung 850 penumpang dalam tata letak kelas tunggal, cukup puas dengan mesin dengan daya dorong sekitar 35 ton.

Tentu saja, mesin UltraFan dilengkapi dengan solusi paling canggih: material komposit matriks keramik, yang terdiri dari banyak komponen, meningkatkan efisiensi turbin tekanan tinggi, dan, yang mengejutkan, kipas besar dengan bilah serat titanium-karbon digerakkan oleh gearbox. Itu memungkinkan untuk membuang turbin tekanan rendah dari struktur dan secara signifikan meringankan desain. Rasio bypass harus 15.

NK-93 Adalah yang Pertama

Hanya satu mesin dalam sejarah yang memilikinya lebih tinggi – Samara NK-93 memiliki rasio bypass 16,7. Dan ini adalah penghematan bahan bakar nyata sekitar 15%, kemampuan untuk menghasilkan lebih banyak tenaga, khusus untuk NK-93 hingga 23,5 ton. Samara Doctor of Technical Sciences Vladimir Zrelov, Profesor Departemen Desain dan Desain Industri Pesawat. Dia adalah salah satu pendiri Pusat Sejarah Mesin Pesawat dari Universitas Samara dinamai. Akademisi S.P. Ratu. Selama 30 tahun, koleksi mesin pesawat domestik terbesar di dunia telah dirakit di sini.

Pertanyaan utamanya adalah: bagaimana dia menyukai berita dari Rolls-Royce?

Semuanya alami. Mereka benar-benar mengambil dan menerapkan skema NK-93, gearbox, rasio bypass ultra-tinggi, kebalikan dengan memutar bilah kipas. Jika pada akhir tahun 80-an kami berada di depan semua orang dalam topik ini, pada tahun 2000 kami memiliki awal 20 tahun, mesin sudah siap, sepuluh salinan untuk tes bangku dan penerbangan. Itu tetap membawanya ke pikiran. Dan hari ini mereka sudah maju. Bahan baru, teknologi baru! Orang Amerika juga mengikuti jalan ini.

Hal yang paling menarik adalah bagaimana perancang umum Nikolai Dmitrievich Kuznetsov dapat memperkirakan dengan akurat mesin mana yang akan mulai menghancurkan pasar penerbangan global dan menciptakan mahakaryanya sendiri? Jenius dan praktisi!

Anda melihat kesimpulan dari berbagai dewan ahli dari lembaga yang dihormati, jawaban dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan dan UAC, dan Anda tercengang. Entah mesinnya “berukuran terlalu besar”, lalu “tidak ada industri pesawat di bawah NK-93”, penggunaan NK-93 dengan karakteristik yang dicapai akan menyebabkan penurunan jangkauan penerbangan Tu-214 dan Il-96‑300 sebesar 7… 8% dibandingkan dengan menggunakan PS-90A pada mereka. Pada saat yang sama, Ilyushin mengerjakan pemasangannya pada Il-96, membuat tiang, menggantung modelnya di bawah sayap, pada grafik para perancang, Il-96 dengan NK-93 terbang lebih jauh daripada bahkan dengan mesin Amerika.

Dan di mana transportasi militer menengah Tu-330 untuk menggantikan An-12 yang lama? Atau pesawat angkut militer berat Il-106, yang khusus dibuat NK-93? Industri Pesawat itu bisa saja terbang untuk waktu yang lama, dan tidak perlu menambal tanpa henti dan entah apa perbaikan mesin D-18T untuk Ruslans dari Angkatan Udara Rusia berturut-turut – mereka tidak dapat dikirim ke Ukraina di situasi saat ini dan yang baru tidak dapat diterima dari sana. Saya tidak ingin berbicara tentang berapa banyak sisi An-124 karena kurangnya mesin “tekan beton” yang efisien.

Negara telah berinvestasi dalam PD-14, sekarang pekerjaan sedang berlangsung pada PD-8 dan PD-35, tetapi bagaimana dengan bypass yang terkenal itu? PD-14 memiliki angka yang agak sederhana – 8.5. Mesin turbojet bypass tradisional telah mencapai batasnya, kemudian hanya mesin propfan, seperti yang dilakukan Rolls-Royce sekarang dan Nikolai Kuznetsov melakukannya.e_SClB

Bertaruh Pada Kecepatan

Helikopter berkecepatan tinggi bukanlah keinginan playboy dan pembalap. Militer Amerika adalah yang pertama memahami hal ini. Dengan cepat, dia memasuki zona penerapan senjata, menembak sasaran – dan dengan cepat membawa kakinya menjauh. Atau pasukan yang mendarat. Kecepatan transfer, waktu pendekatan, dan kehidupan yang terluka juga tergantung pada kecepatan dan jangkauan. 250 km per jam atau hampir 500 – perbedaannya hampir dua kali lipat. Dan Amerika mengumumkan kompetisi untuk helikopter berkecepatan tinggi.

Pada bulan April, sebuah helikopter eksperimental berkecepatan tinggi S-97 Raider, yang dikembangkan oleh perusahaan Boeing-Sikorsky, dipakai di gudang senjata Redstone. Kontur cepat, dua rotor koaksial dengan bilah kaku lebar, secara skematis, seperti di helikopter Kamov, dan baling-baling pendorong di bagian ekor. S-97 Raider sudah menjadi demonstrator terbang kedua dari perusahaan Sikorsky, dan ini merupakan keuntungan yang jelas dibandingkan tender lainnya. guna Defiant – X. helikopter Menurut kerangka acuan, itu harus mencapai kecepatan minimal 463 km / jam dengan 12 pasukan terjun payung di dalamnya.

Massa helikopter adalah 13,6 ton, skema koaksial dan baling-baling pendorong telah menjadi kartu panggilnya. Menariknya, mobil untuk kompetisi dan prototipe demonstran dirancang dan dibangun dengan cepat, pekerjaan dimulai pada tahun 2015. Jika menang dan kontrak selesai, Defiant harus mengganti helikopter veteran UH-60 Black Hawk. Dan ini adalah pesanan besar. Kemungkinannya tinggi, helikopter sudah mendekati kecepatan maksimum yang dibutuhkan.

Dan saya ingat bagaimana di pameran HeliRussia 2009 saya membuat lingkaran di sekitar model Ka-92 dengan skema yang sama yang sekarang diperlihatkan oleh orang Amerika itu. Menurut proyek, ini adalah helikopter penumpang 30 kursi, dengan jangkauan 1.500 kilometer dan kecepatan hingga 500 km/jam. Untuk helikopter klasik, kecepatan ini tidak mungkin tercapai. Ada proyek lain, hingga 90 penumpang dan dengan karakteristik kecepatan yang sama. Tapi mereka berjanji untuk menaikkan Ka-92 pada 2018, dan sekarang 2021.

Diperbarui Rabu, 11 Mei 2022 oleh Widya Kathy Nuraini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *