Perjalanan Mobil Terbang Antar Kota

Perjalanan Mobil Terbang Antar Kota. Mengapa ini hanya lelucon?

Perjalanan Mobil Terbang Antar Kota
Foto oleh Robert Nagy dari Pexels

Dalam film-film fiksi ilmiah, kita sering diperlihatkan masa depan, di mana kota-kota dipenuhi dengan mobil-mobil yang terbang di udara. Tampaknya kita sudah berada di ambang salah satu dunia futuristik ini, karena AirCar yang baru-baru ini terbang melakukan penerbangan pertamanya antara dua kota di Slovakia.

Perjalanan Mobil Terbang Antar Kota

Awalnya, mobil itu adalah mobil biasa, tetapi hanya dalam beberapa menit berubah menjadi pesawat terbang. Selama penerbangan uji, ia berakselerasi hingga 170 kilometer per jam, dan setelah mendarat ia kembali berubah menjadi mobil biasa dan melaju di sepanjang jalan aspal. Kedengarannya keren dan pabrikan memiliki rencana besar untuk masa depan, tetapi seberapa besar kita membutuhkan mobil terbang? Jika Anda memikirkannya, seluruh konsep ini sangat memanjakan.

Mobil Pengubah AirCar

Mobil luar biasa ini dikembangkan perusahaan Slovakia Klein Vision. Diketahui bahwa mesin Jerman dari BMW, yang menggunakan bensin, dipasang di dalamnya. Sebelumnya diberitakan bahwa mobil tersebut mampu lepas landas hingga ketinggian sekitar 2.500 meter dan menempuh jarak ribuan kilometer. Tenaganya cukup untuk mengangkat dua orang dengan berat total 200 kilogram. Prototype AirCar pada suatu waktu bekerja di udara selama 40 jam. Sekarang, hampir versi terakhir dari pesawat tersebut, melakukan penerbangan jarak jauh pertamanya.

Fakta menarik: transformasi AirCar dari mobil biasa menjadi mobil terbang membutuhkan waktu 2 menit 15 detik. Agar tidak menghalangi jalan biasa, sayap sempit perangkat dilipat di samping. Tidak bisa lepas landas secara vertikal, jadi selalu membutuhkan landasan pacu untuk memulai penerbangan.

Perjalanan Antar Kota dengan Mobil Terbang

Penerbangan bersejarah convertible AirCar ditampilkan di BBC News. Tempat keberangkatannya adalah kota Nitre di Slovakia, dan tempat kedatangannya adalah Bratislava. Secara total, mobil menghabiskan 35 menit di udara dan berakselerasi hingga kecepatan 170 kilometer per jam. Di belakang kemudi langsung penciptanya –Stefan Klein (Stefan Klein). Setelah melakukan pendaratan lunak, ia mengubah pesawat kembali menjadi mobil biasa dan menyusuri jalan beraspal untuk bertemu dengan wartawan.

Masa Depan Mobil Terbang

Diketahui, pengembangan trafo AirCar memakan waktu sekitar dua tahun. Selama waktu ini, Klein Vision telah mengumpulkan lebih dari $2 juta dalam investasi. Menurut penasihat Anton Rajak (Anton Zajac), jika mobil terbang yang mereka buat setidaknya dapat menggantikan sebagian pesawat yang ada, ini bisa dianggap sukses besar. Tetapi apakah harapan perusahaan akan menjadi kenyataan? Ini sulit dipercaya.

Peneliti senior avionik University of the West of England Stephen Wright mengakui bahwa mobil convertible terlihat sangat keren. Namun, dia khawatir pesawat itu tidak akan bisa lulus sertifikasi dan kita tidak akan pernah melihat taksi terbang. Dia mencatat bahwa siapapun bisa membuat pesawat terbang – hanya diperlukan keinginan dan pengetahuan yang kuat. Namun, apakah pesawat dapat beroperasi tanpa pernah mengalami kecelakaan? Tidak mungkin, tetapi pakar avionik melihat ke masa depan dengan optimisme:

“Saya tidak sabar melihat selembar kertas yang mengonfirmasi bahwa benar-benar aman untuk menerbangkan mesin seperti itu antar kota, ”katanya.

Orang bisa setuju dengan kekhawatiran Stephen Wright. Dan intinya bukan hanya apakah perangkat tersebut dapat memberikan tingkat keamanan yang sama seperti pesawat terbang dan helikopter. Saat ini, sama sekali tidak jelas apa kenyamanan sebuah AirCar. Dapat diasumsikan bahwa di masa depan siapa pun yang ingin membelinya dan, jika perlu, dengan cepat bergerak di udara dari satu tempat ke tempat lain.

Tetapi bahkan pabrikan sendiri menegaskan bahwa landasan pacu diperlukan untuk lepas landas, yaitu, lepas landas bergerak di jalan umum tidak akan bekerja dengan mudah. Biaya mobil seperti itu akan mahal, dan layanan taksi terbang jelas tidak akan murah. Jadi bukannya lebih mudah memilih transportasi darat untuk jarak dekat, dan jika ingin terbang, belilah tiket pesawat?

Karena semua poin kontroversial yang tercantum di atas, produksi mobil terbang saat ini tampaknya hanya memanjakan diri dengan biaya mahal. Hal lain adalah ketika pencipta perangkat tersebut sejak awal mengatakan bahwa mereka dimaksudkan untuk hiburan. Misalnya, mesin terbang baru-baru ini Alauda Aeronautics Mk3 melakukan penerbangan pertamanya – dirancang untuk berpartisipasi dalam balapan spektakuler.

Diperbarui Sabtu, 26 Februari 2022 oleh Widya Kathy Nuraini