8 Mobil Terbang

8 Mobil Terbang yang benar-benar terbang ke langit, Bayangkan saja masa depan mobil. Kendaraan otonom berkembang dengan pesat, tetapi sejauh ini ramalan sci-fi yang paling menarik adalah mobil terbang.

8 Mobil Terbang
Foto oleh Alex Azabache dari Pexels

Meskipun mungkin tampak seperti fiksi ilmiah, kenyataannya mobil terbang telah ada sejak tahun 1930-an. Dan meskipun tidak satupun dari mereka yang pernah memasuki produksi massal, mobil terbang adalah kenyataan. Hal ini dibuktikan dengan data sebanyak 8 eksemplar.

8 Mobil Terbang Yang Benar-benar Terbang Ke Langit

1. Panah Waterman

Secara teknis sebuah pesawat terbang yang dapat melakukan perjalanan di jalan daripada mobil terbang yang lengkap, Waterman Arrowbile sudah ada sebelum konsep mobil terbang menjadi obsesi seorang pemimpi.

Itu dibuat oleh pelopor penerbangan Amerika Waldo Waterman dan mulai hidup sebagai Arrowplane buatan sendiri yang dibuat pada tahun 1935 untuk kompetisi pemerintah untuk pesawat murah dan mudah terbang.

Saat mendesain ulang di Arrowbile, desainer menggunakan banyak suku cadang otomotif, seperti radiator Studebaker, rem Willys, dan sebagainya. Arrowbile bisa melepaskan sayap dan baling-baling dan kemudian mentransfer tenaga mesin ke roda. Mobil terbang pertama mengudara pada tahun 1937. Akibatnya, enam salinan Arrowbile bahkan dapat dirilis, tetapi tidak pernah diproduksi secara massal.

2. Fulton Airfibi

Mobil terbang tua menakjubkan lainnya yang benar-benar bekerja dua arah. Fulton Airphibian adalah desain yang jauh lebih konvensional daripada Waterman Arrowbile, tetapi dengan proses yang sama anehnya untuk menjadi sebuah mobil.

Airphibian dikembangkan tepat setelah Perang Dunia II oleh inovator penerbangan Amerika Robert Edison Fulton Jr. Itu dirancang untuk terbang ke bandara, memutuskan setengah dari pesawat, dan berkendara ke tujuannya. Transformasi dari mobil ke pesawat terjadi dengan menempelkan seluruh sayap, ekor, dan badan pesawat belakang.

Airphibian diperlihatkan pada tahun 1950 dan menjadi mobil terbang bersertifikat resmi pertama. Sebanyak empat pesawat dibangun, tetapi kenaikan biaya menyebabkan perusahaan tersebut dijual dan proyek Airphibian ditutup.

3. Taylor Aerocar

Upaya lain yang cukup sukses dari periode awal mobil terbang. Taylor Aerocar dengan bodi berbentuk telur terlihat lucu baik dalam bentuk mobil maupun dalam bentuk pesawat terbang.

Ini pertama kali terbang pada tahun 1950 dan disertifikasi pada tahun 1956. Aerocar dapat berfungsi sebagai mobil kompak kecil dan berubah menjadi pesawat terbang bila diperlukan, menarik sayap dan ekor di belakangnya ke lapangan terbang terdekat.

Mobil terbang itu ditenagai oleh mesin Lycoming O-360 flat-4 yang biasa digunakan di pesawat kecil. Dalam mode pesawat, ia memutar baling-baling yang terletak di belakang, dan di jalan ia mengirim torsi ke roda penggerak. Kecepatan maksimum dalam penerbangan adalah 160 km / jam. Sebanyak lima Taylor Aerocars dibangun, menjadikannya upaya yang cukup sukses di mobil terbang.

4. Convair Model 118 ConvAirCar

Model Convair 118 mendahului Aerocar dan merupakan mobil terbang dalam arti kata yang paling harfiah: desainnya lebih mengingatkan pada mobil jalanan standar pada waktu itu daripada pesawat terbang.

Awalnya, Model 116 muncul, yang terbang pada tahun 1946. Insinyur penerbangan Ted Hall menawarkannya kepada militer, tetapi mereka tidak menunjukkan minat. Mengembangkan dan meningkatkan, Model 116 berubah menjadi Model 118 dengan bodi fiberglass. Seperti Aerocar, mobil terbang ini membawa suku cadang yang digunakan untuk terbang. Mereka harus dipasang secara manual ke mobil yang sudah ada di bandara.

Menggunakan motor terpisah untuk roda dan baling-baling, Model 118 berhasil terbang pada tahun 1947 tetapi jatuh selama pengujian. Kemudian prototipe kedua dibangun, tetapi tidak mencapai produksi serial.

5. AVE Mizar

Alih-alih mengembangkan desain mobil terbang yang sama sekali baru, AVE Mizar adalah mobil konvensional yang memiliki sayap dan ekor yang ditambahkan dari pesawat yang ada.

Mizar dikembangkan pada tahun 1971 oleh insinyur Northrop Henry Smolinski, yang mendasarkannya pada produksi Ford Pinto. Suku cadang pesawat dipinjam dari Cessna Skymaster. Hasilnya adalah mobil terbang, di mana beberapa masalah tetap tidak terselesaikan sekaligus.

Tidak hanya lebih berat dari Cessna Skymaster, tetapi cara mobil itu terlepas dari bagian-bagian pesawat patut dipertanyakan. Meskipun melakukan beberapa penerbangan uji pertama yang singkat namun sukses, sayangnya Mizar pecah dalam penerbangan pada tahun 1973, menewaskan Henry dan pilot di dalamnya.

6. Moller M400 Skycar

Ini mungkin mobil terbang paling futuristik dan fantastis yang pernah dibuat. Moller M400 adalah mobil yang sangat keren, yang sayangnya tidak pernah meninggalkan tahap pengembangan.

Konsep lepas landas dan mendarat vertikal (VTOL) Moller M400 pertama kali diperlihatkan kepada dunia dalam majalah Popular Mechanics edisi 1991. Meskipun penerbangan publik yang sukses pada tahun 2003, M400 tidak pernah melampaui pengujian dan menjadi kenyataan.

Skycar M400 memiliki sistem propulsi yang sangat menarik, menggunakan delapan mesin putar Wankel untuk menggerakkan kipas yang disalurkan untuk mengangkat dan mendorong.

7. Transisi Terrafugia

Terrafugia Transition telah dikembangkan selama lebih dari satu dekade dan merupakan desain mobil terbang yang cukup sukses dengan sayap lipat.

Pengembangan Transition pertama kali diumumkan pada tahun 2006, dan prototipe pertama kali terbang pada tahun 2009. Disempurnakan ke bentuk “produksi“, Transisi terjebak dalam lingkaran pengembangan, dengan garis waktu produksi yang disebutkan terus-menerus didorong kembali.

Setelah baru-baru ini menerima persetujuan kelaikan udara dari FAA, Terrafugia memberhentikan sebagian besar karyawannya pada Februari 2021 dan memindahkan produksi ke China.

8. PAL-V Liberty

Meskipun PAL-V Liberty adalah mesin terbang, akan lebih tepat untuk menyebutnya sebagai autogyro. Autogyros adalah pesawat yang menarik dalam hak mereka sendiri, tetapi PAL-V Liberty mengambil satu langkah lebih jauh dengan sepenuhnya legal di jalan raya di Eropa.

Menggunakan baling-baling helikopter untuk menciptakan daya angkat (hanya berputar dengan arus udara) dan baling-baling belakang untuk gerakan maju, gyroplane adalah konsep menarik yang berasal dari tahun 1920-an.

Menggabungkan gyroplane dengan mobil, PAL-V menciptakan konsep pertamanya pada tahun 2009 dan mampu melepasnya dengan merilis PAL-V ONE pada tahun 2012. Diubah pada tahun 2012 menjadi Liberty, mobil ini masih dalam pengembangan tetapi telah menerima sertifikasi Eropa untuk digunakan di jalan umum pada tahun 2020 dan dijadwalkan mulai produksi pada tahun 2022.

Diperbarui Rabu, 11 Mei 2022 oleh Widya Kathy Nuraini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *